JudulANALISIS KESALAHAN PENENTUAN IDE POKOK DALAM KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 19 PALU |
Nama: SASKIA KAMALUDIN |
Tahun: 2020 |
Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk-bentuk kesalahan penentuan ide pokok dalam karangan eksposisi siswa kelas VIII A SMP Negeri 19 Palu?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan penentuan ide pokok dalam karangan eksposisi siswa kelas VIII A SMP Negeri 19 Palu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif karena berusaha memaparkan dan memberikan data yang akurat tentang bentukbentuk kesalahan penentuan ide pokok dalam karangan eksposisi siswa kelas VIII A SMP Negeri 19 Palu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa teknik, yaitu (1) teknik tes (2) teknis dokumentasi dan (3) teknik observasi. Tahapan analisis yang digunakan yaitu melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan dua bentuk kesalahan penentuan ide pokok pada karangan eksposisi siswa kelas VIIIA SMP Negeri 19 Palu, yang meliputi (1) ide pokok tidak jelas eksistensinya, dan (2) ide pokok tidak memenuhi kriteria ketercukupan kemunculannya. Kesalahan ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa dalam menentukan ide pokok dan memahami isi bacaan serta kurangnya minat siswa dalam membaca. Oleh karena itu, siswa harus dibekali pengetahuan mengenai tata cara menentukan ide pokok yang tepat serta mampu menggunakan media pembelajaran yang tepat agar siswa dapat membangkitkan minat bacanya kembali. |