JudulANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN BAHASA INDONESIA DALAM TUGAS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PASANGKAYU |
Nama: UKI FATMALASARI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Uki Fatmalasari 2020. Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia dalam Tugas Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pasangkayu.Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I Gusti Ketut Alit Suputra Masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimana bentuk kesalahan penggunaan ejaan bahasa Indonesia dalam tugas karangan deskripsi siswa VII SMP Negeri 1 Pasangkayu”. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk kesalahan ejaan pada karangan deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pasangkayu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Jenis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data tertulis yang bersumber dari tugas karangan deskripsif siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pasangkayu. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik tes, pengamatan, dan teknik catat. Berdasarkan pengolahan data, diperoleh kesalahan-kesalahan penggunaan ejaan dalam penulisan karangan deskriptif siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pasangkayu, yang meliputi kesalahan penggunaan huruf kapital, penggunaan huruf kecil, penggunaan huruf miring, penggunaan kata depan, penggunaan singkatan, dan penggunaan tanda baca yaitu penggunaan tanda titik dan tanda hubung. Kesalahan ini disebabkan oleh faktor kurangnya pemahaman siswa tentang penggunaan ejaan yang baik dan benar yang mendasari pokok permasalahan dalam penelitian. Dalam hal ini, siswa seharusnya dibekali pemahaman tentang tatacara penulisan sebuah karangan menurut kaidah-kaidah dalam penulisan ejaan bahasa Indonesia. Kata Kunci : Kesalahan Ejaan, Karangan Deskripsi |