JudulTINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 1 BANGKURUNG |
Nama: CICI ELMA R MOLUMU |
Tahun: 2019 |
Abstrak Cici Elma R Molumu, 2019. Tindak Tutur Direktif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Bangkurung. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan seni. FKIP. Universitas Tadulako. Pembimbing: Ali Karim. Rumusan masalah penelitian ini ialah apa sajakah bentuk tindak tutur direktif dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Bangkurung? Dan apa sajakah fungsi tindak tutur direktif dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Bangkurung? Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur direktif dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Bangkurung. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dan catat. Penelitian ini menggunakan tiga tahapan dalam menganalisis data, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan 6 bentuk tindak tutur direktif, yakni: a) bentuk permintaan, b) bentuk pertanyaan, c) bentuk perintah, d) bentuk larangan, e) bentuk pemberian izin, dan f) bentuk persilaan. Selain itu juga ditemukan 9 fungsi tindak tutur direktif yakni: a) fungsi permintaan b) fungsi memohon c) fungsi mengajak d)fungsi bertanya e) fungsi perintah f) fungsi larangan g) fungsi menyetujui h)fungsi persilaan dan i) fungsi menasehati. Kata Kunci: Tindak Tutur Direktif, Pembelajaran Bahasa Indonesia. |