Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKEMAMPUAN SISWA KELAS VII MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DI SMP NEGERI 1 MENUI MELALUI METODE TES ESSAI
Nama: SRIUTA OVIANTI
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK SRIUTA OVIANTI 2019. Kemampuan Siswa Kelas VII Menulis Karangan Deskripsi di SMP Negeri 1 Menui melalui Metode Tes Essai. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Ulinsa Permasalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa kelas VII menulis karangan deskripsi di SMP Negeri 1 Menui melalui metode tes essai. Sehubungan dengan masalah tersebut, tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VII menulis karangan deskripsi di SMP Negeri 1 Menui melalui metode tes essai. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Menui yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan evaluasi tes essai. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian adalah dengan menganalisis data yang dikumpulkan kemudian diolah dengan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif kemudian cara perhitungannya menggunakan statistik frekuensi tunggal. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Menui belum mampu menulis karangan deskripsi. dengan perolehan 16 siswa yang dinyatakan tuntas dan 11 siswa yang tidak tuntas di bawah nilai KKM 75. Hal tersebut dilihat dari nilai yang diperoleh siswa berdasarkan aspek isi, organisasi, kosakata, bahasa, dan mekanik/tata ejaan. Adapun nilai keseluruhan yang diperoleh rata-rata 76,44 dengan ketuntasan klaksikal 59,25% dinyatakan belum tuntas karena ketuntasan klaksikal mata pelajaran bahasa Indonesia disekolah adalah 65%. Kata Kunci: Kemampuan, Menulis, Karangan Deskripsi, Metode Tes Essai.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up