JudulKEMAMPUAN MENENTUKAN IDE POKOK DAN IDE PENJELAS DALAM PARAGRAF SISWA KELAS VIII MT.s DDI SALUMBIA |
Nama: Narda |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Narda. 2019. Kemampuan Menentukan Ide Pokok dan Ide Penjelas dalam Paragraf Siswa Kelas VIII MT.s DDI Salumbia. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusa Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Saharudin Barasandji dan pembimbing (II) Sitti Harisah. Kata Kunci : Kemampuan, ide pokok, ide penjelas, paragraf. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan menentukan ide pokok dan ide penjelas dalam paragraf siswa kelas VIII MT.s DDI Salumbia. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menentukan ide pokok dan ide penjelas dalam paragraf siswa kelas VIII MT.s DDI Salumbia. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yakni pemberian tes evaluasi berupa tes esay sebanyak 5 paragraf. hasil kemampuan siswa yang diperoleh diolah dengan menggunakan rumus untuk menentukan nilai rata-rata siswa. Berdasarkan evaluasi kemampuan menentukan ide pokok dan ide penjelas dalam paragraf siswa kelas VIII MT.s DDI Salumbia bahwa perolehan nilai siswa tertinggi dalam menentukan ide pokok adalah 100 sedangkan nilai perolehan yang terendah adalah 30, sedangkan ide penjelas nilai perolehan tertinggi adalah 70 dan nilai perolehan terendah adalah 10. Hasil pengelolaan data diperoleh nilai rata-rata kemampuan menentukan ide pokok dan ide penjelas dalam paragraf siswa kelas VIII MT.s DDI Salumbia yaitu 56,52. Sehingga dapat disimpulkan siswa kelas VIII MT.s DDI Salumbia menentukan ide pokok dan ide penjelas dalam paragraf belum berhasil. |