JudulKEMAMPUAN MENENTUKAN MAKNA KONOTATIF DAN DENOTATIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SINDUE |
Nama: ERIK SETIAWAN |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK ERIK SETIAWAN (A 111 15 108). KEMAMPUAN MENENTUKAN MAKNA KONOTATIF DAN DENOTATIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SINDUE. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Laode Baisu. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan menentukan makna konotatif dan denotatif siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sindue. Tujuan peneilitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan menentukan makna konotatif dan denotatif dalam cerpen. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yakni pemberian test berupa test essai sebanyak 4 nomor dan pilihan ganda sebanyak 10 nomor. Hasil kemampuan siswa yang diperoleh diolah dengan menggunakan rumus untuk menentukan nilai rata-rata siswa. Berdasarkan evaluasi kemampuan menentukan makna konotatif dan denotatif siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sindue bahwa perolehan siswa tertinggi dalam menentukan makna konotatif dan denotatif adalah 86 sedangkan nilai perolehan yang terendah adalah 26. Hasil pengolahan data diperoleh nilai rata-rata kemempuan menentukan makna konotatif dan denotatif siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sindue yaitu 64.94. Sehingga dapat disimpulkan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sindue dalam menetukan makna konotatif dan denotatif belum berhasil. Kata Kunci: Kemampuan, Makna Konotatif dan Denotatif, Cerpen |