JudulKEMAMPUAN SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 PAMONA UTARA DALAM MENULIS TEKS PROSEDUR |
Nama: VEREN DWI LEONITA TOSINDE |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Veren Dwi Leonita Tosinde, 2019. Kemampuan Siswa Kelas VII C SMP Negeri 1 Pamona Utara dalam Menulis Teks Prosedur. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing Sitti Harisah. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Pamona Utara dalam menulis teks prosedur? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Pamona Utara dalam menulis teks prosedur. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Pamona Utara yang berjumlah 32 siswa, yakni 20 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah evaluasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah berupa tes yang dianalisis menggunakan metode deskriptif berdasarkan hasil evaluasi dan diolah menggunakan statistik sederhana guna mengetahui nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar siswa dalam menulis teks prosedur. Hasil akhir penilaian menunjukkan bahwa siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Pamona Utara belum mampu menulis teks prosedur. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata 8,69. Kata kunci: Menulis, Teks Prosedur. |