JudulTINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM PERCAKAPAN NONFORMAL MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA DANSASTRA INDONESIA FKIP UNIVERSITAS TADULAKO |
Nama: Rahmawati |
Tahun: 2019 |
Abstrak Rahmawati. 2019. Tindak Tutur Direktif dalam Percakapan Nonformal Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Tadulako Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Ali Karim, Pembimbing (II) Taqyuddin Bakri. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur direktif dalam percakapan nonformal mahasiswa prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia FKIP Universitas Tadulako. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode simak dengan teknik rekam dan teknik catat. Teknik analisis data terdiri dari (a) pengumpulan data, (b) reduksi data, (c) penyajian data, (d) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk tuturan direktif yang digunakan mahasiswa prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia meliputi: 1) bentuk memerintah 2) bentuk mengajak, 3) bentuk meminta, 4) bentuk pemberian saran, 5) bentuk melarang, 6) bentuk menasehati, dan 7) bentuk mempersilahkan. Fungsi tindak tutur direktif yang ditemukan dalam penelitian ini meliputi: 1) fungsi memerintah, 2) fungsi mengajak, 3) fungsi melarang, 4) fungsi memberikan saran, dan 5) fungsi meminta. Kata Kunci : tindak tutur, tindak tutur direktif, bentuk, fungsi. |