| JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VIII A MTs NEGERI 4 PALU |
| Nama: Lilis Suriani |
| Tahun: 2019 |
| Abstrak Lilis Suriani, 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas VIII A MTs Negeri 4 Palu; Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Sahrudin Barasandji (II) Efendi Dg. Palawa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam menulis teks eksposisi pada siswa kelas VIII A MTs Negeri 4 Palu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam menulis teks eksposisi pada siswa kelas VIII A MTs Negeri 4 Palu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) Observasi, 2) wawancara dan 3) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sangat efektif diterapkan dalam menulis teks eksposisi pada siswa kelas VIII A MTs Negeri 4 Palu. Kata Kunci : Model Kooperatif tipe STAD, Menulis Teks Eksposisi, |