JudulKEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS V B SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU QURROTA A’YUN TINGGEDE |
Nama: MUNIRA |
Tahun: 2020 |
Abstrak Munira. 2019. Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas V B Sekolah Dasar Islam Terpadu Qurrota A’yun Tinggede. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Sitti Harisah. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah kemampuan siswa kelas V B Sekolah Dasar Islam Terpadu Qurrota A’yun Tinggede dalam menulis teks berita, dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, maka peneliti memulai dengan memberikan tugas kepada siswa untuk meulis sebuah teks berita. Dengan mengacu pada aspek penilaian, yang terdiri dari penggunaan kalimat efektif, pilihan kata/diksi, penggunaan EYD dan tanda baca, kelengkapan unsur 5W+1H serta judul yang menarik. Setelah mendapati hasil siswa dari menulis teks berita melalui perhitung nilai perolehan siswa sampai pada nilai rata-rata, sehingga peneliti dapat menyimpulakan bahwa nilai tertinggi yang diperoleh siswa adalah 75 dengan frekuensi 2, sedangkan nilai terendah adalah 40 dengan frekuensi 3, dengan merujuk pada nilai rata-rata siswa yang diperoleh yaitu 55,22 artinya melalui penelitian ini, diketahui bahwa siswa kelas V B Sekolah Dasar Islam Terpadu Qurrota A’yun Tinggede belum mampu menulis teks berita atau berkategori sangat kurang. Kata Kunci: Kemampuan Menulis Teks Berita |