JudulANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 SIGI |
Nama: SOFYANUR |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK SOFYANUR. Analisis Kesalahan Ejaan Pada Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Sigi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Laode Baisu, Ulinsa. Kata kunci: Analisis, Kesalahan, ejaan, Teks Deskripsi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan ejaan pada teks deskripsi siswa yang meliputi kesalahan pemakaian huruf kapital, kesalahan penulisan kata dan kesalahan penggunaan tanda baca. Subjek penelitian ini adalah teks deskripsi siswa kelas VII dan objek penelitian ini adalah ejaan pada teks deskirpsi siswa kelas VII. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah pemberian tugas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode agih. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat 3 kesalahan ejaan pada teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sigi, kesalahan ejaan tersebut meliputi: Kesalahan pemaiakan huruf kapital sebanyak 9 kesalahan. Kesalahan pemakaian huruf kapital pada teks tersebut diantaranya karena siswa masih kurang pahamn dalam menggunakan huruf kapital. Kesalahan-kesalahan tersebut antara lain meliputi kesalahan pemakaian huruf kapital pada huruf pertama kata pada awal kalimat, unsur-unsur nama diri geografi atau nama negara, daerah dan kota, serapan bahasa asing, huruf pertama nama bahasa, dan huruf kapital pada huruf pertama di sebuah judul atau sub judul. Kesalahan penulisan kata sebanyak 11 kesalahan. Kesalahan penulisan kata pada teks tersebut diantaranya karena siswa masih kurang paham dalam menulis kata dan terburuburu dalam menulis. Kesalahan-kesalahan tersebut antara lain meliputi kesalahan penulisan huruf pada kata dasar, kesalahan penulisan kata depan, dan kesalahan penulisan bentuk ulang. Kesalahan penulisan tanda baca sebanyak 5 kesalahan. Kesalahan penulisan tanda baca pada teks tersebut diantaranya karena siswa masih kurang paham dalam meletakan tanda baca pada kalimat dan pargraf. Kesalahan-kesalahan tersebut antara lain meliputi kesalahan penulisan tanda baca titik (.) dan tanda baca koma (,). |