JudulKEMEMPUAN SISWA KELAS VII SMP GKST PALU MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI NARASI |
Nama: SARTINA POBA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Sartina Poba 2021, Kemampuan Siawa Kelas VII SMP GKST Palu Mengubah Teks Wawancara Menjadi Narasi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Ali Karim Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan siswa kels VII SMP GKST Palu dalam mengubah teks wawancara menjadi narasi. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kuntitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dalam mengubah teks wawancara menjadi narasi. Sampel dalam penelitian ini kelas VII SMP GKST Palu. Dari hasil evalusai kemampuan siswa mengubah teks wawancara menjadi narasi berdasarkan data yang di peroleh nilai rata-rata siswa dalam mengubah teks wawancara menjadi narasi yaitu 56,81. Sehingga penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa siswa kelas VII SMP GKST Palu tidak mampu dalam mengubah teks wawancara menjadi narasi. Terdapat dua faktor penyebab siswa tidak mampu mengubah teks wawancara menjadi narasi yaitu faktor siswa dan faktor guru. Adanya faktor siswa disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa mengenai pembelajaran mengubah teks wawancara menjadi narasi. Serta ketidakaktifan dalam mengngubah teks wawancara menjadi narasi. Sedangkan faktor dari guru yaitu tidak memberikan motivasi serta menggunakan metode yang inovatif. Kata kunci : Kemampuan, teks, wawancara, dan narasi |