JudulKEMAMPUAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SINDUE TOMBUSABORA DALAM MEMBEDAKAN DI SEBAGAI PREFIKS DAN DI SEBAGAI PREPOSISI |
Nama: MOHAMMAD GALANG RAMADHAN |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Yuliana 2019, Kemampuan Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sindue Tombusabora Dalam Membedakan Di Sebagai Prefiks Dan Di Sebagai Preposisi, Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Seni, FKIP, Universitas Tadulako, Pembimbing : I Gusti Ketut Alit Suputra. Wawancara peneliti dengan beberapa orang siswa saat observasi, diperoleh informasi keadaan siswa masih perlu diperhatikan khususnya kemampuan membedakan di sebagai prefiks dan di sebagai preposisi, karena masih dianggap sepele oleh siswa. Hal ini terbukti dari peneliti masih menemukan siswa yang lupa materi pelajaran saat diberi pertanyaan. Tujuan pada penelitian yaitu mendeskripsikan kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sindue Tombusabora membedakan prefiks di dan preposisi di dan mendeskripsikan faktor-faktor yang turut mempengaruhi kemampuan siswa dalam membedakan di sebagai prefiks dan di sebagai preposisi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yang hasilnya dipaparkan dalam bentuk laporan penelitian, peneliti tidak mengubah, menambah atau mengadakan manipulasi terhadap objek atau wilayah penelitian. Terdapat 13 orang siswa kelas XI MIPA2 SMA Negeri 1 Sindue Tombusabora yang memproleh nilai kurang dari 70 dan tidak mencapai standar nilai KKM. Persentase jumlah tertinggi terdapat pada nilai 80 dan nilai 30 yaitu masing-masing berjumlah 24%. pada nilai 70 yaitu 20%, pada nilai 40 yaitu 12%, pada nilai 50 yaitu 12?n paling rendah pada nilai 90, 60 dan 20 yaitu masing-masing 4%. Hasil perhitungan nilai rata-rata siswa kelas XI MIPA2 SMA Negeri 1 Sindue Tombusabora adalah 56, artinya nilai terebut belum mencapai standar nilai KKM yaitu 70. Kata Kunci : kemampuan, membedakan, prefiks, preposisi. |