Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulTINDAK TUTUR IMPERATIF GURU BAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS XI SMAN 4 POSO KOTA (KAJIAN PRAGMATIK)
Nama: RESTUTI ANGGRAINI
Tahun: 2017
Abstrak
Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana wujud tuturan imperatif guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI SMAN 4 Poso Kota, dan (2) Bagaimana kesantunan tuturan imperatif guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI SMAN 4 Poso Kota. Penelitian ini mendeskripsikan wujud dan kesantunan tuturan imperatif guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI SMAN 4 Poso Kota. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan objek penelitian tindak tutur guru yang mengandung makna imperatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, rekam, teknik simak dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif mengikuti konsep Miles dan Huberman. Tahap analisis data mengikuti konsep Miles dan Huberman meliputi (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat delapan wujud tuturan imperatif guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI SMAN 4 Poso Kota meluputi; (1) perintah, (2) permintaan, (3) desakan, (4) persilaan, (5) ajakan, (6) larangan, (7) harapan, dan (8) ngelulu. Sedangkan kesantunan tuturan imperatif meliputi; (1) kesantunan tuturan imperatif ajakan (2) kesantunan tuturan imperatif permintaan dan (3) kesantunan imperatif persilaan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up