JudulANALISIS KESALAHAN PENULISAN EJAAN MENULIS SURAT PRIBADI SISWA KELAS VIII MTs AL-KHAIRAAT AMPIBABO |
Nama: MUHAMMAD OKTA ABRIANTO |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Muhammad Okta Abrianto (A 111 13 059). 2020. Analisis Kesalahan Penulisan Ejaan Menulis Surat Pribadi Siswa Kelas VIII MTs AL-Khairaat Ampibabo Kabupaten Parigi Moutong. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Ulinsa Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana bentuk-bentuk kesalahan penulisan ejaan surat pribadi siswa MTs Alkhairaat Ampibabo. Adapun tujuan penelitian ini, yakni untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan penulisan ejaan surat pribadi siswa MTs Alkhairaat Ampibabo. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kualitatif. Dikatakan deskriptif kualitatif karena penelitian ini berusaha memaparkan dan memberikan data yang akurat tentang bentuk kesalahan penulisan ejaan menulis surat pribadi siswa. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil pekerjaan atau tes menulis surat pribadi siswa. Adapun teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes, dokumentasi, pengamatan dan catat. Hasil penelitian diperoleh kesalahan ejaan menulis surat pribadi siswa kelas VIII MTs Alkhairaat Ampibabo Kabupaten Parigi Moutong. Adapun kesalahan ejaan yang diperoleh, yakni 1) kesalahan penggunaan huruf; huruf kapital huruf kecil dan huruf miring. 2) kesalahan penggunaan kata; kata ulang dan kata depan. 3) kesalahan penggunaan tanda baca; tanda titik dan tanda hubung. Kata Kunci: Analisis, Penulisan Ejaan, Surat Pribadi. ? |