JudulKEMAMPUAN MENULIS CERPEN MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS PADA SISWA KELAS VII MTS ALKHAIRAAT BALAMOA KEC. DOLO BARAT |
Nama: Irma Indriani |
Tahun: 2021 |
Abstrak Irma Indriani. 2020. Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Metode Pemberian Tugas pada Siswa Kelas VII MTS Alkhairaat Balamoa Kec. Dolo Barat. Skripsi. Progara studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pedidikan. Universitas Taddulako. Dosen Pembimbing Drs. Pratama Bayu Santosa, M.Si. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan menulis cerpen melalui metode pemberian tugas pada siswa Kelas VII MTS Alkhairaat Balamoa Kec. Dolo Barat? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa menulis cerpen melalui metode pemberian tugas pada siswa Kelas VII MTS Alkhairaat Balamoa Kec. Dolo Barat, metode yang digunakan yaitu metode deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah siswa Kelas VII MTS Alkhairaat Balamoa Kec. Dolo Barat, yang berjumlah 20 siswa. Tekhik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dalam bentuk pemberian tugas, yaitu siswa diberi tugas menulis cerita pendek. Analisis data dalam penelitian ini adalah menganalisis semua data yang dikumpulkan kemudian diolah dengan menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif. Hasil akhir penilai menunjukkan bahwa siswa kelas VII MTS Alkhairaat Balamoa Kec. Dolo Barat, mampu menulis cerpen. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata siswa mencapai KKM yang telah ditentukan. Ada pun KKM siswa dalam menulis cerpen adalah 75. Kata Kunci: Kemampuan, Menulis, Cerpen. |