Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA PUISI DI KELAS VII SMP NEGERI 3 SINDUE MELALUI TEKNIK PEMODELAN
Nama: FAHRUNNISA
Tahun: 2019
Abstrak
Peranan guru dalam proses pembelajaran amatlah penting untuk menjadikan peserta didik terampil dalam membaca puisi. Banyak siswa yang ketika diperhadapkan dengan kegiatan membaca puisi kesulitan membaca puisi sesuai dengan maknanya. Masih banyak siswa di kelas VII SMP Negeri 3 Sindue belum dapat membaca puisi dengan pelafalan, intonasi, jeda, dan volume suara yang baik. Hasil observasi awal, ketuntasan belajar klasikal pada semester II hanya 12 orang (48%) memperoleh nilai minimal 65, sedangkan 13 orang (52%) memperoleh nilai di bawah KKM, yaitu 64. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan kemampuan siswa membaca puisi di kelas VII SMP Negeri 3 Sindue melalui teknik pemodelan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sindue berjumlah 21 orang. Data yang diambil adalah data kualitatif yaitu data hasil observasi diperoleh dari hasil pengamatan situasi pembelajaran. Serta data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes praktek membaca puisi. Hasil penelitian siklus I diperoleh tuntas individu berjumlah 9 orang dan tidak tuntas individu 12 orang dengan kemampuan rata-rata siswa 76,8%. Hasil observasi guru sesuai pengamatan diperoleh 12,5% kategori kurang, 18,7% kategori cukup, dan 68,75% kategori baik. Hasil siklus II diperoleh 18 orang tuntas individu dan 3 orang tidak tuntas individu dengan rata-rata kemampuan siswa sebanyak 88,4%. Sementara itu, hasil observasi guru sesuai pengamatan dikategorikan 100?ik. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa teknik pemodelan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca puisi. Kata Kunci: Pemodelan, Peningkatan, Puis

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up