| JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 10 PALU MENULIS NASKAH DRAMA MELALUI METODE LATIHAN |
| Nama: Zuli Hariyanti |
| Tahun: 2013 |
| Abstrak Permasalahan utama dan mendasar pada penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa kelas VIII A SMP Negeri 10 Palu menulis naskah drama. Untuk itu, dilakukan penelitian guna mengatasi masalah di kelas tersebut dengan menggunakan metode latihan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan metode latihan yang dapat meningkatkan kemampuan menulis naskah drama. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Subjek penelitian tindakan ini yaitu di kelas VIII A SMP Negeri 10 Paluyang berjumlah 33 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penulisan naskah drama pada siklus I terdapat 15 siswa yang tuntas, dengan tuntas klasikal sebesar 45,45% dan daya serap klasikal 65% dengan nilai rata-rata kelas 65. Sedangkan pada siklus II terdapat 33 orang siswa yang tuntas dengan tuntas klasikal sebesar 100% dan daya serap klasikal 85% dengan nilai rata-rata kelas 85. Berdasarkan indikator tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode latihan dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII A SMP Negeri 10 Palu menulis naskah drama. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian dapat diterima. |