| JudulKEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN INFORMASI DALAM BENTUK PARAGRAF ARGUMENTATIF SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH ALKHAIRAAT TOMINI KECAMATAN TOMINI KABUPATEN PARIGI MOUTONG |
| Nama: Wardiansyah |
| Tahun: 2012 |
| Abstrak Wardiansyah, 2012. Kemampuan Mengungkapkan Informasi dalam Bentuk Paragraf Argumentatif Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Alkhairaat Tomini. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I Drs. Pratama Bayu Santosa, M.Si, Pembimbing II Ida Nur’aeni, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Informasi, Paragraf, Argumentatif Permasalahan pokok penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa kelas X Madrasah Aliyah Alkhairaat Tomini dalam mengungkapkan informasi ke dalam bentuk paragraf argumentatif. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam memahami materi tentang paragraf argumentatif yakni faktor siswa, faktor guru, dan faktor sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa kelas X Madrasah Aliyah Alkhairaat Tomini dalam mengungkapkan informasi ke dalam bentuk paragraf argumentatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu metode yang berusaha menyajikan, memperlihatkan dan menggambarkan apa adanya tentang data yang ada di lapangan. Sumber data adalah siswa dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan evaluasi. Teknik pengolahan data dilakukan secara statistik dengan menentukan nilai rata-rata siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan mulai dari kegiatan observasi terhadap siswa dan guru dalam proses pembelajaran, siswa mengikuti pelajaran dengan baik sehingga guru dapat memberikan materi pembelajaran dengan mudah, dan siswa dapat memahami materi yang diajarkan. Dengan demikian, berdasarkan evaluasi terhadap materi yang diberikan, maka hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas X Madrasah Aliyah Alkhairaat Tomini mampu mengungkapkan informasi ke dalam bentuk paragraf argumentatif. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai ratarata siswa 64,375. Hasil yang diperoleh siswa tersebut berdasarkan KKM KTSP yang sudah ditetapkan, dinyatakan cukup dan tuntas. |