| JudulPERAN SANGGAR SENI BAHANA PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA, SASTRA INDONESIA DAN DAERAH BERMAIN DRAMA |
| Nama: NASIM |
| Tahun: 2011 |
| Abstrak Permasalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran sanggar seni bahana pada mahasiswa prodi pendidikan bahasa sastra Indonesia dan daerah bermain drama. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peran sanggar seni bahana pada mahasiswa prodi pendidikan bahasa, sastra Indonesia dan daerah bermain drama. Penelitian ini akan bermanfaat bagi mahasiswa prodi pendidikan bahasa, sastra Indonesia dan daerah agar mahasiswa mengetahui bahwa pembelajaran drama di sekolah bukan hanya dituntut teori tetapi praktik juga dituntut keberhasilannya. Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan bahasa, sastra Indonesia dan derah yang tegabung dalam anggota aktif sanggar seni bahana yang pernah melakukan pementasan drama, sedangkan jenis data yang digunakan adalah jenis data kualitatif dengan pendekatan lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan bahasa, sastra Indonesia dan daerah yang tergabung dalam anggota aktif sanggar seni bahana yang pernah melakukan pementasan drama yang telah dijadikan sampel oleh peneliti. Proses penelitian ini berlangsung selama satu bulan dengan prosedur penelitian (1) observasi, (2) wawancara. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa peran sanggar seni bahana pada mahasiwa prodi pendidikan bahasa, sastra Indonesia dan daerah lebih mengarah kepada proses hingga pementasan drama seperti: Penentuan sutradara, pemilihan naskah, casting, olah tubuh, olah vokal, olah rasa, reading atau membaca, menghafal, bocking, penata rias, penata kostum, penata musik, penata lampu atau lighting dan penata artistik. |