Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMNINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 SAUSU MELALUI STRATEGI PERTANYAAN SENDIRI
Nama: Sumariani
Tahun: 2019
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan self questioning dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa dikelas 10 SMA Negeri 1 Sausu. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu yang melibatkan dua kelompok siswa sebagai kelompok eksperimen dan kontrol. Siswa X IPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan siswa X IPA 2 sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian ini adalah tes yang diberikan kepada sampel sebagai pra-tes dan pasca-tes dalam bentuk teks tertulis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa skor rata-rata pos-tes pada kelompok eksperimen (72,00) lebih tinggi daripada skor rata-rata pos-tes pada kelompok kontrol (56,00) dengan menerapkan derajat kebenaran (dk) 50 dan taraf signifikan 0,05 menunjukkan bahwa nilai t-hitung (4,49) lebih tinggi daripada nilai t table (2,009). Selanjutnya, ini menjelaskan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Sebagai kesimpulan, temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa kemampuan membaca siswa bisa secara efektif dan signifikan meningkat dengan menggunakan self question strategi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up